• iconJl. Duwet No. 1 Karangasem, Laweyan, Surakarta
  • iconadmission@upitra.ac.id

Admisi : Senin - Jumat 08:00-17:00

icon

Kontak

0811-290-7500

S-1 Pariwisata

Dekan
VISI

Menjadi Program Studi Unggulan dalam Pendidikan Pariwisata dan Hospitaliti yang Berkelanjutan, Berbasis Teknologi, dan Berdaya Saing Global yang berwawasan multikultural.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang pariwisata dan hospitaliti yang berlandaskan inovasi teknologi, nilai-nilai keberlanjutan, dan penghargaan terhadap keberagaman budaya.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada solusi inovatif untuk industri pariwisata dan hospitaliti yang berkelanjutan, berbasis teknologi, berdaya saing global, yang berwawasan multikultural, dan ramah lingkungan.
  3. Membangun kemitraan strategis dengan industri, pemerintah, institusi nasional dan internasional guna memperkuat relevansi kurikulum, membuka peluang magang global, serta meningkatkan daya saing lulusan.
  4. Menghasilkan lulusan pariwisata dan hospitaliti yang bercirikan profesional yang berkeutamaan.
TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Manajemen Pariwisata atau Manajemen Hospitaliti dengan sertifikasi kompetensi nasional/internasional.
  2. Mewujudkan kurikulum berbasis experiential learning dan berbasis industri melalui immersion program.
  3. Mendapat pengakuan sebagai program studi berkualitas setara dengan standar ASEAN.
  4. Menjalin kemitraan dengan perusahaan/lembaga pariwisata nasional & internasional.
  5. Mengembangkan pusat inovasi destinasi wisata berkelanjutan dan ekosistem pendukung pengembangan pariwisata.
STRATEGI
  1. Mengadopsi standar kurikulum ASEAN MRA-TP yang berorientasi pada kebutuhan industri nasional dan internasional dengan menanamkan nilai-nilai keutamaan UPITRA.
  2. Mengintegrasikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat Perguruan Tinggi dalam meningkatkan proses pembelajaran dan kualitas lulusan.
  3. Memanfaatkan teknologi dan fasilitas modern dalam proses pembelajaran.
  4. Menyediakan dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan tersertifikasi.
  5. Mengembangkan kerja sama pentaheliks di bidang kepariwisataan di tingkat nasional dan internasional.
  6. Menjamin kemandirian dan keberlanjutan penyelenggaraan program studi melalui Total Quality Management.
Profil Lulusan

Lulusan Prodi Pariwisata yang menguasai kemampuan dan keterampilan untuk menjadi lulusan profesional dan mandiri di sektor bisnis pariwisata dan manajemen hospitaliti yang kolaboratif, responsif, dan adaptif terhadap tantangan lokal dan global, serta memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keutamaan UPITRA dan prinsip keberlanjutan.

Kompetensi Lulusan
  1. Mampu menguasai secara konseptual prinsip-prinsip bisnis di bidang pariwisata dan hospitaliti yang kolaboratif, responsif, dan adaptif terhadap tantangan lokal dan global yang berdasar pada prinsip multikultural dan keberlanjutan.
  2. Mampu melaksanakan dan mengelola secara profesional berkeutamaan penyelenggaraan pariwisata atau hospitaliti yang didukung oleh teknologi dan sesuai dengan standar mutu industri yang multikultural dan berkelanjutan.
  3. Mampu menganalisis dan mengevaluasi produk pariwisata atau hospitaliti secara profesional berkeutamaan untuk memastikan ketercapaian prinsip multikultural dan keberlanjutan dengan mempertimbangkan peraturan, kebijakan, sumber daya, dan fasilitas yang terkait.
  4. Mampu merancang, mengembangkan dan/atau menciptakan produk pariwisata atau hospitaliti secara profesional berkeutamaan yang sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, teknik, dan teknologi yang mengacu pada standar mutu industri dengan prinsip multikultural dan keberlanjutan.
Prospek Karier
  1. Perencana Destinasi Pariwisata, Manajer Tur & Perjalanan, Perencana Acara Pariwisata, Manajer Atraksi, Penulis Perjalanan, Pemimpin Tur, Pemasaran Pariwisata, Penyelenggara Acara.
  2. Staf operasional hotel yang mengarah ke tingkat manajerial di departemen: Divisi Kamar, Makanan & Minuman, Produksi Makanan, Penjualan dan Pemasaran, Hubungan Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia.
  3. Akademisi, Peneliti, dan Konsultan di bidang Pariwisata dan Hospitaliti.
  4. Wirausahawan di bidang produk Pariwisata atau Hospitaliiti.
  • Integrity & Ethics
    Integrity & Ethics

    Menjalani hidup dengan transparan dan jujur.

  • Excellence
    Excellence

    Menghasilkan karya yang lebih dari yang diharapkan dalam situasi apapun.

  • Compassion
    Compassion

    Menempatkan kemanusiaan dan tujuan yang lebih mulia di atas kepentingan pribadi.

  • Humility
    Humility

    Menjadi pribadi yang rendah hati, membuka diri, dan terus memperbaiki diri.