Admisi : Senin s.d. Jumat - 08:00 s.d. 17:00

icon

Kontak

(0271) 715333

Artikel

<
Software Developer

Mengenal Profesi Software Developer: Peran, Tanggung Jawab & Kisaran Gajinya

Software telah menjadi tulang punggung dalam dunia digital saat ini. Dari aplikasi ponsel pintar yang memudahkan kehidupan sehari-hari hingga sistem perbankan online yang mengamankan transaksi finansial, setiap aspek kehidupan modern kita sangat tergantung pada software.

 

Inilah yang membuat demand akan keahlian seorang software developer makin tinggi, dan menjadikannya karier di bidang teknologi paling diminati dengan gaji tinggi.[1] Bahkan menurut BLS, pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak diperkirakan akan tumbuh sebesar 25 persen dari tahun 2022 hingga 2032, di mana ini jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata semua pekerjaan.[2]

 

Mari menjelajahi peran penting dan kontribusi profesi ini dalam perusahaan, tanggung jawab, serta kisaran gajinya!

 

Apa Itu Sofware Developer?

Software Developer adalah

 

Software developer adalah seorang profesional yang merancang dan membangun program komputer untuk berbagai tujuan. Mereka menciptakan aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan tugas-tugas tertentu pada komputer dan perangkat seluler, seperti membuat spreadsheet, menonton film, atau bermain game.

 

Selain itu, pengembang perangkat lunak dapat membuat sistem operasi, permainan komputer, dan jaringan yang menggerakkan program-program lainnya. Pekerjaan para software developer membutuhkan kreativitas, keterampilan teknis, dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta spesifikasi dari klien.

 

Peran dan Tanggung Jawab Software Developer

Tugas seorang Software Developer

Sebagai seorang software developer, Anda memiliki tanggung jawab yang penting dalam mengembangkan perangkat lunak, mulai dari perencanaan hingga implementasi, profesi ini merupakan elemen kunci dalam setiap proyek pengembangan.

Berikut adalah beberapa tugas seorang software developer:

 

1. Membangun Kode Pemrograman yang Bersih dan Efisien

Anda akan menulis dan memodifikasi kode perangkat lunak dengan cara yang bersih dan efisien, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

2. Pengujian dan Pemecahan Masalah

Anda akan menguji perangkat lunak untuk memastikan kualitasnya dan memperbaiki masalah yang muncul selama proses pengembangan.

3. Kolaborasi

Anda akan bekerja sama dengan pengembang lain, manajer, dan desainer UX untuk membangun perangkat lunak yang berkualitas. Kerja sama ini penting untuk menghasilkan solusi terbaik.

4. Identifikasi dan Implementasi Alat Perangkat Lunak 

Anda akan mengidentifikasi dan menerapkan alat, sistem, dan komponen perangkat lunak yang diperlukan untuk pengembangan. Ingatlah bahwa sebagai seorang software developer, Anda juga harus terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi agar tetap relevan dalam industri ini.

 

Kisaran Gaji Software Developer

Gaji Software Developer

 

Rata-rata gaji seorang pengembang perangkat lunak di Indonesia bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti pengalaman, lokasi, dan keterampilan. Berikut adalah perkiraan gaji:

 

Menurut laporan PayScale, rata-rata gaji dasar seorang software developer di Indonesia adalah Rp92.598.830 per tahun pada tahun 2024. Kisaran gaji umumnya berkisar dari Rp3 juta hingga Rp245 juta. Perlu diingat bahwa data ini didasarkan pada 41 profil gaji.[3]

 

Salary Expert memberikan perkiraan sedikit lebih tinggi, yang menyatakan bahwa rata-rata gaji bruto seorang pengembang perangkat lunak di Indonesia adalah Rp477.994.775 per tahun, dengan bonus rata-rata tambahan sebesar Rp21.366.366.[4]

 

Sedangkan menurut Average Salary Survey, rata-rata gaji tahunan seorang Pengembang Perangkat Lunak di Indonesia adalah Rp269.986.770, dengan penghasilan yang paling umum berada di Rp107.730.000.[5]

 

Rekomendasi Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak untuk Calon Software Developer

Kuliah untuk Jadi Software Developer

 

Dengan prospek kerja software developer yang luas dan kisaran gaji yang menjanjikan, maka memilih berkuliah di UPITRA merupakan langkah awal yang bijaksana.

 

Bagi Anda yang tertarik menjadi software developer, Jurusan Sistem Informasi di UPITRA adalah pilihan terbaik. Mata kuliah yang direkomendasikan meliputi:

  1. Pemrograman: Membekali mahasiswa dengan berbagai bahasa dan konsep dasar pemrograman.
  2. Perangkat Lunak: Memahami proses pengembangan perangkat lunak dari awal hingga akhir.
  3. Keamanan Informasi: Menguasai keterampilan penting dalam menjaga keamanan data.

 

Mengasah keahlian teknis dan memiliki pemahaman yang kuat tentang perangkat lunak akan membantu Anda mewujudkan cita-cita menjadi seorang software developer andal. Dengan persiapan yang tepat, siapa pun bisa memulai karier yang sukses dalam dunia pengembangan perangkat lunak.

 

Berkuliah di Jurusan Sistem Informasi UPITRA, Anda akan siap menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang yang muncul di dunia kerja saat ini maupun di masa mendatang. 

 

Mengambil jalur pendidikan dalam bidang ini akan memberi Anda fondasi yang kokoh untuk meraih kesuksesan di ranah perangkat lunak. Selain itu, mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang esensial dalam lingkungan kerja pengembangan software. 

 

Untuk mendukung karier menjadi software developer, UPITRA tidak hanya membekali mahasiswa dengan teori dan kemampuan teknis, tapi juga program praktik agar siap bersaing di dunia kerja nantinya. Daftarkan diri Anda segera untuk kuliah di program studi Rekayasa Perangkat Lunak UPITRA sekarang juga!

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *